Minggu, 01 April 2012

LATIHAN MEMBUAT FILE JAVA DENGAN NOTEPAD ++

Share on :

Pada Kesempatan kali ini, saya akan memulai untuk berbagai pengalaman yang saya dapatkan, yaitu pembuatan file .java dengan menggunakan notepad++, bagi yang belum memiliki silahkan Download disini. 

Setelah di download tinggal d run, atau Double klik untuk proses install, trus d jalankan dan tampilannya seperti berikut :

Java

Setelah itu kita mulai mengetik teks yang akan kita buat sebagai file java. ketikklah sebagai berikut.


public class Hello{
    /**
     *Pertama kali saya membuat program Java
     */
     public static void main(String[]args){
        //prints the string hello world! on screen
        System.out.println("Hello World!");
    }
}


Dasar Program Java

Kalo ngetiknya sudah selesai, kita tinggal simpan file tersebut, dengan aturan :
1. Nama File harus sama dengan public class

misal yang diatas adalah 

public class Hello{
    /**
     *Pertama kali saya membuat program Java
     */

maka kita menyimpannya dengan nama Hello.java

2. Untuk ekstensi dalam penyimpanan harus di sertai .java, jika tidak maka file tidak akan menjadi file java.

Itu adalah cara membuatnya, simpanlah pada folder husus, misal buat di drive D - Latihan Java, setelah itu kita akan melakukan compile dan run, namun perlu diperhatikan bahwa di dalam CPU/Laptop sudah terinstal aplikasi java. (bersambung...)
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di downloaddantutorial.blogspot.com

Artikel Terkait:

2 komentar:

pusingggg gw belajarnya kaya gitu..!!


sayamembutuhkan.blogspot.com

kurang lengkap ru...
yang terbaru ra...

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More